Kamis, 05 Maret 2015

BAB 1: MENGENAL INTERNET


Bab:1 mengenal internet
Internet sudah akrab dalam kehidupan kita sehari-hari.kita menggunakan internet untuk mengirimkan e-mail, chatting, dengan teman kita.
                        
1.1.1 apa itu internet ?
Singkatannya adalah interconnected network. Terjemahannya yaitu jaringan yang saling terhubung. Internet adalah kumpulan computer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.
Ada dua peranan internet yang sangat penting:
1) sebagai sumber data dan informasi.
2) sarana pertukaran data dan informasi.

1.1.2 berbagai aplikasi internet
1)   World wide web
Atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting.

2)   Electronic mail (e-mail)
E-mail adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.
3)    Mailing list
Sering disebut juga milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email.
4)   News group
Aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.
5)   Internet relay cheat
IRC adalah yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet.
6)   File transfer protocol
Yang sering disingkat FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke / dari computer lain.
7)   telnet
adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh.
8)   Gopher
Adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.
9)   Ping
Singkatan dari packet internet gopher. Digunakan untuk mengetahui apakah computer yang gunakan terhubung (terkoneksi) dengan computer lain di internet.
1.1.3 sejarah perkembangan internet
Pada tahun 1960-an depertemen pertahanan amerika serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Pada bulan oktobe 1962 dimulailah program riset computer di ARPA (advanced research projects agency) dengan joseph licklider sebagai ketua program pertama.
Pada tahun 1965 dengan bantuan dana dari ARPA, larry Robert dan Thomas marill mencoba membuat koneksi wide area network yang pertama.
Pada tahun 1966 bob taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa univeritas di amerika serikat untuk mencoba membuat jaringan yang menghubungkan computer-komputer. tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut dengan ARPANET.
Pada tahun 1995 diperkirakan 25 juta orang telah menjadi pengguna internet. Data dan lembaga penelitian IDC menyebutkan bahwa pada tahun 1999 pengguna internet diperkirakan telah mencapai 196 juta orang, dan menjadi 502 juta orang pada tahun 2003. Saat ini pengguna internet telah mencapai 1.076.203.987 orang yang tersebar di seluruh kawasan dunia. Jika penduduk dunia sebanyak 6.499.697.060 orang, berarti 16,56 % penduduk dunia telah terhubung ke internet.

1.2 pemanfaatan internet untuk bisnis
Kemampuan dan andalan internet memberikan banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan kita. Internet dapa menjadi sumber informasi dan sarana komunikasi yang murah dan cepat.
1.2.1   E-commece
Electronic commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet.
1.2.2  internet banking
dikenal dengan sebutan electronic banking (e-banking), cyberbanking, virual banking, home banking, dan online banking.
1.2.3  belajar jarak jauh
sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada. System belajar ini sebenarnya jauh dari sempurna. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one-to-one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one-to-many communication).
Factor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan  sebagai media player jarak jauh yang efektif, antara lain sebagai berikut:
1.    institusi penyelanggara
agar bisa dimanfaatkan sebagai media belajar, institusi penyelanggara harus memiliki komitmen yang kuat. Intitusi harus menyediakan peralatan yang memadai untuk terselenggarakannya proses belajar.
2.    Pengajar
Keberhasilan proses belajar jarak jauh sangat tergantung kepada para pengajar. Para pengajar harus mempunyanyi komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi keberhasilan proses belajar-mengajar.


3.    Siswa
Siswa harus mempunyanyi komitmen dalam proses belajar belajar. Selain itu, siswa harus dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan internet.
4.    Teknologi
Factor teknologi juga merupakan factor yang penting bagi terselenggaranya belajar jarak jauh dengan menggunakan internet.
1.2.4   keamanan data dalam transaksi di internet
keamanan data merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam menggunakan layanan transaksi di internet, seperti perdagangan online dan internet banking
beberapa hal yang perlu dilakukan menjaga transaksi aman di toko online dan internet banking:
·       Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank, termasuk aspek penting sehubungan dengan keamanan data.
·       Setelah itu, kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut (log out) sebelum meninggalkan browser
·       Kita tidak boleh meninggalkan computer jika kita sedang login di internet banking.
·       Computer harus ada antivirus yang selalu aktif dan up to date.
·       Gunakan hanya computer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking.
·       Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor katu kredit , user ID, dan password milik kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar