Kamis, 05 Maret 2015

BAB 4: KONEKSI INTERNET


BAB 4 : koneksi  Internet

4.1.1 Jaringan Komputer (LAN)
Untuk  dapat terhubung dlama jaringan computer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card).

4.1.2saluran Telepon Langsung
Layanan tersebut memungkinkan kita mengakses langsung ke internet tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. TelkomNet Instant menggunakan nomor akses 080989999 dengan user ID “telkomnet@instant” dan  password “Telkom”. Layanan tersebut dapat digunakan diseluruh Indonesia dengan pembayaran pulsa telpon local.

4.1.3 Teknologi ADSL
Teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) memungkinkan saluran telepon bisa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Hal ini memungkinkan kita mengakses internet dengan kecepatan tinggi melalui saluran telepon.

4.1.4 Jaringan TV Kabel
Beberapa perusahaan TV  Kabel juga menyadiakan layanan akses internet melalui jaringan TV Kabel. Akses internet menggunakan jaringan TV Kabel merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga, dimana beberapa orang dapat mengakses internet bersama-sama.



4.1.5 GPRS
GPRS (General Packet Radio Servise) adalah teknologi pegiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. GPRS merupakan teknologi komunikasi nirkabel generasi dua setengah (2,5G) yang merupakan perkembangan dari teknologi GSM (2G) .

4.1.6 Wifi
Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Wifi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi Wifi berada pada spectrum 2,4 GHz. Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hospot, antara lain sebagai berikut.
1.    Access Point (Titik Akses)
2.    Access Controller (Pengendali Akses)
3.    Internet Link

4.1.7 Wireless Broadband
Teknologi Wifi memungkinkan kita mengakses internet dengan kecepatan yang tinggi. Namun, syaratnya kita harus berada pada daerah yang dijangkauan dari sinyal Wifi. Terbatasnya daerah dengan sinyal Wifi dan jarak jangkauan dari sinyal Wifi yang sanagat pendek (sekitar 100m) menyebabkan kita hanya dapat menggunakan Wifi di daerah-daerah tertentu saja.

4.1.8 3G
Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA. Pada operator GSM, 3G menggunakan teknologi WCDMA. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar