Kamis, 05 Maret 2015

BAB 2: JARINGAN KOMPUTER & KOMPUTER DATA


Bab2: Jaringan Komputer & Komputer Data

2.1.1  Apa itu Jaringan Komputer?

Peranan computer dalam kehidupan sehari-hari semakin terasa. Berbagai kegiatan bisnis di berbagai bidang dilakukan dengan bantuan computer. Karena kebutuhan pengolahan data-data dan informasi, maka dalam sebuah organisasi bisnis kadang-kadang dibutuhkan lebih dari satu computer yang digunakan oleh banyak orang yang berkerja dalam sebuah tim.

  Dalam sebuah jaringan computer, terdapat sebuah computer server dan computer client. Sesuai dengan namany, computer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari computer-computer yang ada dalam jaringan. Selain itu, computer server berfungsi sebagai penyedia sumber yg dibutuhkan oleh computer-computer client. Sumber tersebut dapat berupa data-data, program-program, file-file, dan sebagainya. Sedangkan computer client adalah computer yang menerima pelayanan
Bebarapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan computer, antara lain sebagai berikut:
1.      Membagi sumber daya
Jaringan computer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan computer seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file, dan program-program. Dengan adanya jaringan computer maka sumber daya yang harus disediakan dapat dikurangi.
2.      Reliabilitasi tinggi
Jaringan computer memungkinkan  kita untuk mengopikan data-data ke dua atau tiga computer, bahkan lebih. Dengan demikian , apabila salah satu computer rusak dan data-data yang disimpan di computer lain. Hal ini akan menguntukan karena kita tidak terhambat, meskipun ada computer yg rusak ataupun data-data yg hilang.

  3.      Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan, perushaan dapat menghemat peralatan yg harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan computer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang. Sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap computer.
4.      Sarana komunikasi
Jaringan computer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pemimpin perusahan cukup mengirimkan surat kepad semua stafnya.

2.1.2 Berbagai Jenis Jaringan
   Jaringan computer dapat dibedakan menjadi 2, yaitu ringan kabel dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wireless network). Jaringan kabel adalah jaringan computer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Sedangkan jaringan tanpa kabel adalah jaringan computer yg dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio. Jaringan nirkabel memiliki kelebihan karena kemampuanya untuk bergerak. Seiring dengan semakin tingginya tingkat mobilitas manusia.
1.     Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adlah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya, LAN dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu. Computer-computer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut.

2.     Metropolitan Area Network (MAN)

(MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya, MAN digunakan untuk menghubungkan beberapaa kantor yang letaknya bedekatan. Misalnya saja, kantor-kantor pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN.



3.     Wide Area Network (WAN) 

WAN adalah jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat saja mencakup sebuah Negara atau Benua. Wan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa Negara yang terletak di berbagai belahan dunia

4.     Internet

Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berate terhubung kesemua computer yang ada di dunia yang juga terhubung ke Internet.



2.1.3 Perangkat Jaringan Komputer
Sebuah jaringan computer, dimana satu computer terhubung dengan computer-computer yang lain, memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan.
1.     Server

Computer server umumnya mempunyai system operasi, aplikasi, & database yang menyediakan layanan kepada computer-computer lain dalam jaringan

2.     Client

Computer client adalah computer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data ygang diambil dari server. Computer client menerima pelayanan dari computer server

3.     Kartu Jaringan

Kartu jaringan atau LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard computer yang terdapapat jaringan (baik server maupun client)

4.     Hub

Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga berfungsi sebagai penguat sinyal . Hub memungkinkan sebuah kabel dari computer server dihubungkan ke beberapa computer client

5.     Kabel & Konektor

Kabel & konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan computer yang lain

6.     Repeater

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Repeater menguat kan sinyal yang diterima dari computer pengirim

7.     Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain

8.     Router

Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jarinagan ke jaringan yang lain. Dengan adanya router maka arus data dari satu LAN dapat diisilasi dari arus LAN yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar